Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Apakah Kita Bisa Hidup Dengan Satu Ginjal?

satu-ginjalApakah Kita Bisa Hidup Dengan satu Ginjal? – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari apakah manusia bisa hidup dengan satu ginjal.

Namun sebelum kita mempelajari apakah manusia bisa hidup dengan satu ginjal, kita akan mempelajari pengertian dari ginjal terlebih dahulu.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

Pengertian Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ vital yang berada di tubuh manusia. Fungsi utama ginjal ialah untuk memfilter darah, sehingga darah yang beredar atau diedarkan ke seluruh tubuh merupakan darah bersih.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Oogenesis

Umumnya, setiap manusia memiliki dua atau sepasang organ ginjal di dalam tubuhnya. Akan tetapi, ada juga beberapa orang yang hanya memiliki satu buah organ ginjal saja baik karena alasan kesehatan (Terkena penyakit gagal ginjal, sehingga ginjalnya terpaksa diangkat) ataupun karena alasan ekonomi (Untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk membayar hutang, sehingga terpaksa dijual kepada orang yang membutuhkan dan berani membayar mahal).

Padahal hampir di seluruh Negara-negara di Dunia, melakukan transaksi jual beli organ manusia termasuk ginjal adalah suatu kegiatan illegal atau melanggar hukum.

Fungsi Ginjal

Sama seperti organ-organ vital lainnya yang ada di dalam tubuh kita, ginjal merupakan salah satu organ yang sangat berperan dalam proses kehidupan sehari-hari seperti kegiatan metabolisme. Ginjal memiliki beberapa fungsi utama, berikut beberapa fungsi dari ginjal :

  • Berperan dalam proses pembuangan sisa metabolisme tubuh.
  • Berperan dalam menjaga kestabilan cairan yang dinamis di dalam tubuh manusia.
  • Menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh manusia.
  • Berfungsi sebagai regulasi volume ekstraseluler.
  • Menghasilkan hormon eritropoetin.
  • Menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh manusia.
  • Menghasilkan enzim renim.

Apakah Bisa Manusia Hidup Dengan Satu Ginjal ?

Seperti yang sudah di jelaskan dalam pengertian ginjal, maka dapat kita simpulkan jika manusia dapat hidup dengan satu ginjal saja.

Selain karena alasan kesehatan dan alasan ekonomi, ternyata ada juga orang yang hanya memiliki satu ginjal sejak lahir tetapi mereka belum mengetahuinya.

Mengingat akan pentingnya organ ginjal bagi tubuh kita, akan sangat menakutkan jika hanya memiliki satu buah ginjal saja.

Namun bagi yang memiliki satu ginjal saja jangan kuatir, sebab ginjal akan segera beradaptasi dengan cepat bila hanya ada satu ginjal di dalam tubuh kita.

Jika kita hanya memiliki satu ginjal saja, tentu ginjal tersebut akan bekerja ekstra untuk melakukan penyaringan darah dan memiliki banyak resiko bagi kesehatan kita.

Sebab normalnya manusia memiliki dua ginjal di dalam tubuh mereka. Namun jika kita menerapkan hidup sehat, maka bukan menjadi masalah besar bila hanya memiliki satu buah ginjal saja. Dengan catatat, tidak boleh melakukan olah raga dengan tingkat resiko cidera yang tinggi.

Sedangkan untuk makanan, usahakan untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Baik memiliki dua atau satu buah ginjal, yang paling utama adalah bagaimana cara kita untuk menjaga organ ginjal tersebut agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test