Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Apa itu mitosis ????

Mitosis adalah pembelahan inti yang berhubungan dengan pembelahan sel somatik atau sel tubuh eukariot dan menghasilkan dua sel baru yang jumlah kromosom dan kandungan genetiknya identik dengan sel asal. Mitosis dapat dibagi menjadi lima tingkatan yakni interfase, profase, metafase, anafase, dan telofase.

nnnn

.

  1. Interfase

Pada siklus sel, fase ini termasuk relative panjang atau lama karena fungsi metabolism dan sintesis DNA. Interfase dibedakan atas beberapa fase yaitu sintesis (S), gap -1 (G1), dan gap-2 (G2).

  • Gap-1 (G1) yaitu berlansung selama 3-4 jam. Pada fase ini
  • terjadi sintesis persenyawaan yang diperlukan untuk replikasi DNA. Senyawa yang disintesis adalah protein.
  • Sintesis (S) yaitu pada fase ini biasanya membutuhkan waktu 7-8 jam. Pada fase ini terjadi sintesis DNA dan replikasi kromosom.
  • Gap-2 (G2) yaitu pada periode ini membutuhkan waktu 2-5 jam. Pada fase ini terjadi sintesis-sintesis protein yang diperlukan dalam proses mitosis.
  1. Profase

Yaitu fase dimana kromosom memadat (kondensasi) dan menebal. Kromosom terlihat menjadi dua untai kromatid yang masih terikat pada satu sentromer. Kromosom bergerak menuju ke tengah-tengah sel. Nukleolus dan membrane nucleus menghilang dan benang-benang gelendong mulai dibuat.

  1. Metafase

Pada fase ini kromosom berkumpul di bidang ekuator. Benang-benang gelendong menjadi jelas pada permulaan metafase. Benang-benag ini terdiri atas selaput protein yang halus yang terbuat dari microtubule yang sangat kecil. (Baa Juga : Pengertian Metafase)

  1. Anafase

Pada fase ini kromosom bergerak ke arah kutub. Dua sister chromatid (sekarang kromosom) bergerak kea rah kutub yang berlawanan. Sentromer tertarik karena kontraksi dari benang gelendong.

  1. Telofase

pada fase ini yaitu pembentukan sel anak. Benang-benang gelendong itu hilang. Selaput inti dan nucleolus terbentuk kembali. Pada akhir proses telofase terbentuklah dua sel anak yang identik.

sekian artikel hari ini, selamat membaca dan semoga bermanfaat ^;^

salam rita elfianis

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test