Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Anatomi Tumbuhan Pada Meristem Jaringan Muda

Anatomi Tumbuhan Pada Meristem Jaringan Muda – Sel pada awal perkembangan tumbuhan, memiliki kemampuan membelah,  dan pada tahap selanjutnya pembelahan sel terjadi hanya di bagian-bagian tertentu.

Jaringan yang masih memiliki kemampuan membelah disebut Meristem.

Jaringan meristem, memiliki ciri-ciri dinding sel tipis, bentuk sel isodiametris dibanding sel dewasa, jumlah protoplasma sangat banyak.

Baca Juga : Pengertian, Struktur dan Fungsi INTI SEL (NUKLEUS)

Berdasarkan letaknya dalam tumbuhan, meristem terbagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

Meristem Apeks

Adalah meristem yang berada di ujung batang dan ujung akar.

Sel-sel yang tetap di dalam kondisi meristem disebut sel pemula, sedangkan hasil pembelahannya disebut derivatnya.

Berdasarkan jumlah sel, susunan dan aktivitas sel pemula serta derivat-derivatnya pada meristem yang mengalami perubahan, konsep meristem pada apikal tumbuhan berpembuluh berbeda-beda :

  • Meristem apeks pucuk : adalah bagian yang tepat di atas daun yang paling muda dan bersifat meristematis. Bentuk apeks pucuk dari arah memanjang, pada umumnya sedikit cembung dan dapat berubah-ubah.
  • Merisetem apeks reproduktif : menghasilkan bunga dan brakte biasanya berkembang dari apeks vegetatif, yakni yang menghasilkan daun dan tunas vegetatif. Fungsi apeks vegetatif adalah menghasilkan pertumbuhan sumbu dalam panjang,sedangkan fungsi apeks reproduktif adalah membentuk daerah meristematik yang lebih luas,tempat berkembangnya berbagai bagian bunga. Perubahan dari apeks vegetatif menjadi apeks reproduktif berlangsung secara bertahap, yang ditunjukan secara morfologi dan didasari perubahan fisiologi.
  • Meristem apeks akar: Pada embrio biji hanya terlihat promeristem akar atau kadang-kadang radikula embrionik didasar hipokotil. Hanya setelah biji berkecambah dan akar primer berkembang, dapat dilihat organisasi sel dalam promeristem. Jika hanya ada satu sel apeks, sel itu tetrahedral, membelah sedemikian rupa sehingga menambah sel di sisi atasnya dan kearah tudung akar dari dasar sel.

Meristem Lateral

Adalah jaringan dewasa yang kemudian meristematis kembali. Meristem lateral menjadikan organ semakin melebar ke arah samping. Contoh meristem lateral adalah kambium dan kambium gabus (felogen).

Kambium gabus menjadi penghasil lapisan pelindung yang disebut lapisan periderm (gabus). Kambium mengarah keluar sehingga terbentuk floem dan mengarah kedalam membentuk xilem.

Sedangkan, kambium gabus mengarah ke luar membentuk felem dan mengarah kedalam membentuk feloderm

Meristem Interkalar

Adalah meristem turunan dari meristem apeks dan berada diantara jaringan yang sudah terdiferensiasi.

Pertumbuhan pada meristem ini menjadikan pertamban panjang antar ruas-ruas batang.

Meristem interkalar mengakibatkan bunga menjadi tumbuh. Yang pada dasarnya meristem interkalar adalah meristem apikal yang tertinggal ketika meristem tersebut tumbuh.

Contoh untuk menunjukkan meristem interkalar adalah yang terdapat pada tumbuhan rumput.

Letak meristem interkalar dalam rumput berada di pangkal ruas dekat buku batang, di pelepah dan di pangkal daun serta tangkai bunga.

Menurut asalanya, jaringan meristem terbagi dua yaitu:

Meristem Primer

Meristem primer yaitu jaringan muda yang asalnya dari perkembangan sel-sel embrionik (sel yang masih aktif membelah).

Jaringan meristem ini terletak di ujung akar dan ujung batang.

Kegiatan jaringan meristem primer menjadikan batang dan akar bertambah panjang.

Pertumbuhan jaringan ini disebut dengan pertumbuhan primer.

Menurut Haberland, meristem primer asalnya dari promeristem yang berkembang menjadi protoderm (bakal epidermis), prokambium (bakal berkas pengangkut), dan meristem dasar (bakal parenkim).

Meristem Sekunder

Meristem sekunder yaitu jaringan yang asalnya dari jaringan dewasa yang sudah berhenti pertumbuhannya, tetapi menjadi embrional kembali.

Meristem sekunder mencakup kambium dan kambium gabus. Kambium adanya di akar dan batang tumbuhan dikotil dan tumbuhan berbiji terbuka.

Kambium gabus adanya di kulit batang dan membentuk jaringan gabus yang sulit dilewati air atau tidak dapat dilewati air.

Pertumbuhan sekunder menjadikan tumbuhan semakin besar. Jaringan meristem sekunder terletah pada antara xilem dan floem.

Baca Juga : Pengertian, Proses dan Tahapan Siklus Calvin

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test