Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Akibat dan Cara Mengatasi Pencemaran Air

Akibat dan Cara Mengatasi Pencemaran Air – Selamat malam , kali ini kita akan membahas mengenai akibat dari pencemaran air serta bagaimana cara mengatasinya , sangat disayangkan masih baynyak orang yang sering membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan banjir , sungai – sungai menjadi kotor , tentu ini semua memerlukan sebuah kesadaran dari diri kita masing-masing karena jika terus begini akan terjadi hal – hal buruk pada lingkungan.

Akibat dan Cara Mengatasi Pencemaran Air

Akibat dan Cara Mengatasi Pencemaran Air

Banyak sekali faktor yang menyebabkan pencemaran air ini selain buang sampah sembarangan , di antaranya seperti limbah dari industri , limbah rumah tangga , limbah pertanian , terkadang orang orang tidak memikirkan limbah ini dalam artian yang penting dibuang , padahal dari itu semua bisa memunculkan dampak yang kurang baik seperti berikut ini :

  • Penurunan kualitas lingkungan
  • Pemekatan hayati
  • Gangguan kesehatan
  • Mengganggu keindahan wilayah
  • Mempercepat proses kerusakan benda
  • Banjir

Bisa disimpulkan bahwa selain menimbulkan banjir pencemaran air juga akan menggangu kesehatan seseorang tentu jika sudah terkena akan menggangu aktifitas sehari-hari , selain itu juga akan membuat sebuah wilayah tersebut menjadi kurang enak untuk dipandang , jika begini siapa yang salah ? marilah kita mulai sadar dari diri kita masing – masing untuk senantiasa membuang sampah pada tempatnya.

Cara Penanggulangan Pencemaran Air

  • Pembuatan Kolam Stabilisasi

Dikolah ini air limbah akan diolah secara alami , ini dilakukan untuk menetralisir zat –zat pencemar sebelum dialirkan menuju sungai.

  • IPAL ( instalasi pengolahan air limbah )

Pengolahan air limbah dengan IPAL ini menggunakan alat khusus dan menggunakan tiga tahapan , primary treatment ( pengolahan pertama ) , secondary treatment ( pengolahan kedua ) , dan tertiary treatment ( pengolahan lanjutan ) .

  • Pengelolaan Excrexta ( human excrecta )

Pengolaan ini dapat ditemukan dalam septic tank yang bisa diolah dengan cara anaerobik menjadi biogas , setelah itu biogas bisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga .

Nah itu saja untuk artikel kali ini semoga bisa membantu dan bermanfaat , sekian dan terimakasih.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test