Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

8 Tips jitu menjadi Creativepreneur

Cara menjadi Creativepreneur – Cara untuk menjadi seorang entrepreneur ternyata tidak hanya sekedar ilmu manajemen.

Tetapi juga tentang kreatifitas dan inovasi. Itulah kenapa sekarang dikenal istilah Creativeprenur yang menunjukan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha kita memerlukan tingkat kreatif dan inovasi yang tinggi.

Tidak heran semakin berkembangnya jaman, makin banyak pula pengusaha yang membuat tampilan usahanya menjadi sangat unik dan kreatif.

Namun sayangnya, tidak semua orang mampu menjadi seorang yang unik dan kreatif. Dibutuhkan keterampilan khusus untuk menjadi seorang Creativepreneur.

Baca Juga : 6 Tips Merawat Rambut Yang Berwarna

Dan jika kamu ingin mengetahui bagaimana caranya untuk menjadi Creativepreneur, berikut tips- tipsnya:

Kenali siapa diri kamu

Semua orang diciptakan dengan beberapa talenta khusus. Namun pada faktanya, tidak banyak orang dapat mengasah talentanya itu menjadi sebuah kelebihan.

Dan salah satu hal yang menjadikan seseorang tidak mengasah talentanya itu adalah karena dia tidak mengetahui apa talenta yang dimilikinya.

Dia tidak mengenal dirinya sendiri. Untuk itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali siapa diri kamu dan apa talenta yang kamu miliki.

Lakukan apa yang kamu sukai

Ada yang mengatakan bahwa gaji adalah salah satu cara agar kita melakukan sesuatu yang tidak kita sukai. Itulah kenapa kita harus melakukan sesuatu yang kita sukai.

Walaupun pada awalnya kita tidak mendapatkan penghasilan sebesar orang yang digaji, tapi setidaknya kita memiliki skill yang mampu kita kembangkan dan menjadikan kita seorang ahli dibidang yang kita sukai.

Selain itu, melakukan hal yang kita sukai adalah sesuatu yang sangat menyenangkan karena kita bisa dengan senang hati melakukannya.

Kendalikan fokus

Setelah kita mengetahui talenta yang kita miliki, tahap selanjutnya adalah kita harus mulai fokus dalam membangun talenta tersebut.

Fokus adalah hal yang penting karena tidak jarang ketika kita sudah berkembang fokus yang awalnya kita miliki mulai memecah dan kita kehilangan fokus. Tetapkan satu fokus sejak awal kita meniti karir sebagai seorang entrepreneur.

Deadline

Jika kita ingin berkembang, buatlah deadline untuk setiap apa yang kita lakukan. Walaupun itu merupakan deadline pribadi, namun deadline mampu membuat kita memacu diri kita untuk dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Selain itu, deadline akan melatih kedisiplinan diri kita.

Terima setiap masukan

Ilmu adalah hal yang bersifat universal. Karena tidak ada sesuatu hal pun yang bisa dilakukan tanpa adanya ilmu. Selain itu ilmu juga bisa datang dari mana saja dan dalam bentuk apa saja.

Termasuk diantaranya masukan saran atau kritik. Berikir positif pada setiap saran dan kritik yang datang kepada kita karena itu adalah hal yang lumrah dalam sebuah perkembangan.

Karena saran dan kritik adalah tanda kita mendapat perhatian dari orang- orang disekitar kita yang peduli akan perkembangan kita.

Selalu produktif

Kita harus selalu mampu mencipta dalam setiap waktu kita miliki walaupun itu hanya sekedar sebuah tulisan di atas kertas. Manfaatkan setiap waktu luang yang kita miliki untuk menciptakan sesuatu atau menambah wawasan keilmuan kita.

Berusaha untuk tetap produktif adalah salah satu cara untuk mengembangkan diri. Produktif bukan hanya sekedar saat bekerja atau saat waktu luang, namun juga tentang relasi yang kita miliki.

Gunakan waktu kita yang senggang untuk dapat berhubungan dengan teman yang kita miliki. Karena terkadang inspirasi bisa datang dari mana saja temasuk dari teman yang kita miliki.

Keluar dari zona aman

Semua orang memiliki zona amannya masing- masing. Tapi sebenarnya, zona aman adalah zona yang sangat berbahaya untuk mengembangkan diri.

Pasalnya, zona aman seringkali menjadikan kita melalaikan tugas, melalaikan segala yang sudah kita rencanakan, dan membuat kita lupa apa yang seharusnya kita lakukan.

Untuk itu, keluarlah dari zona nyaman kita untuk menuju zona berbahaya yang selama ini kita hindari.

Karena ketika kita memasuki zona berbahaya, kita dipastikan akan menghadapi banyak resiko, banyak tantangan, dan banyak permasalahan lain.

Tapi tahukah kamu? Banyaknya permasalahan yang akan kita hadapi pada zona berbahaya itulah yang akan menjadi sumbangsih terbesar bagi perkembangan diri kita menjadi seorang Creativepreneur.

Konsistensi

Kunci untuk menjadi seorang Creativepreneur yang paling utama adalah selalu konsistensi dalam melakukan apapun. Langkah pada poin-poin diatas hanya bisa berhasil jika kita konsisten dalam menjalankannya. Selalu berfikir positif, selalu produktif, selalu dapat mengendalikan fokus, dan sebagainya.

Kenapa pada akhirnya tetesan air mampu memecah sebuah batu? Karena air itu menetes secara konsisten. Oleh karena itu, lakukan apapun secara konsisten dan jangan pernah kehilangan konsistensi ini.

Demikianlah 8 tips jitu yang harus kamu miliki jika kamu ingin menjadi seorang creativepreneur. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tips Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit Saat Dimasak

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme