Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

6 Penyebab utama berkurangnya kepadatan tulang

Penyebab berkurangnya kepadatan tulang – Tulang adalah salah satu organ tubuh yang sangat berguna. Hanya saja, terkadang tulang adalah  organ yang jarang mendapatkan perhatian dari kita.

Padahal, tulang adalah penyangga setiap aktifitas yang kita lakukan.

Sebut saja berjalan atau sekedar duduk. Kekurang perhatian pada tulang menyebabkan kepadatan pada tulang juga terjadi dan beresiko menjadikan kita terkena osteoporosis.

Baca Juga : Fungsi dan Peranan Sumsum Tulang Belakang

Kita semua mungkin mengenal dengan baik apa itu osteoporosis. Seperti misalnya osteoporosis yang hanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Tapi tahukah kita, bahwa meskipun kita masih berusia 20-an juga sangat rentan terkena osteoporosis?

Walaupun sudah dikenal dengan baik, ternyata tidak semua orang tahu apa saja penyebab dari osteoporosis.

Karena bisa saja apa yang biasa kita lakukan setiap hari adalah faktor utama dari osteoporosis itu. Dan untuk lebih jelasnya, berikut poin- poin dari penyebab osteoporosis:

Kekurangan kalsium

Kalsium dapat dikatakan sebagai makanan utama dari tulang dan otot. Karena tanpa kalsium, tulang dan otot akan kekurangan kepadatannya.

Itulah kenapa jika kita tidak ingin terkena osteoporosis atau kepadatan tulang yang menurun kita diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Sebut saja ikan teri.

Mungkin kita sering bertemu dengan makanan yang terbuat dari ikan teri. Tapi siapa sangka, ikan teri ternyata memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.

Terlebih jika kita memakannya sekaligus dengan tulang- tulangnya. Selain ikan teri, kita juga bisa mengkonsumsi susu tinggi kalsium sebagai pelengkapnya.

Tubuh yang terlalu kurus

Ternyata tubuh yang terlalu kurus merupakan salah satu penyebab terjadinya osteoporosis.

Hal ini biasanya terjadi karena kita selalu mengangkat barang berat sedangkan berat tubuh kita tidak ideal atau tidak sesuai dengan tinggi badan. Barang yang berat dapat menjadikan kepadatan tulang berkurang.

Obat- obatan

Jika kita terkena suatu penyakit, obat adalah salah satu cara terbaik untuk meredakan bahkan menyembuhkan penyakit itu. Hanya saja, ternyata terdapat beberapa obat yang memiliki efek samping pada pengurangan kepadatan tulang.

Seperti misalnya obat Kartiko Steroid yang biasanya diminum oleh orang yang memiliki penyakit asma. Siapa sangka, obat tersebut selain dapat meredakan asma juga dapat menjadikan jumlah kalsium pada tulang berkurang.

Merokok dan minum minuman beralkohol

Merokok dan minum minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab utama dari berkurangnya kepadatan tulang atau osteoporosis.

Bahkan merokok dan alkohol dapat mempengaruhi organ vital yang lainnya seperti paru- paru dan hati. Kepadatan tulang yang berkurang karena merokok dan alkohol dapat menghambat penyerapan kalsium kedalam tulang.

Jadi ketika kita sudah mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan kalsium tinggi tapi masih merokok dan minum minuman beralkohol, kalsium yang kita konsumsi tidak akan terserap dengan sempurna oleh tulang dan bahaya osteoporosis akan menjadi semakin besar.

Kurang aktifitas

Ternyata tulang juga memerlukan aktifitas untuk dapat tetap kuat. Jadi, jika kita jarang beraktifitas di keseharian kita, lebih baik berhati- hati karena hal itu dapat mempengaruhi kekuatan pada kepadatan tulang kita.

Genetik

Faktor genetik ternyata juga memiliki pengaruh yang sangat besar pada keadaan tulang. Jika kita terlahir didalam keluarga yang memiliki masalah kepadatan tulang, kitapun secara otomatis kan sangat besar kemungkinannya untuk terkena masalah serupa. Selain itu, cidera akibat kecelakaan pada masa lalu, ternyata juga memiliki pengaruh pada kepadatan tulang.

Itulah beberapa hal yang bisa kita waspadai sebagai penyebab utama berkurangnya kepadatan tulang atau osteoporosis. Umumnya, osteroporosis tidak memiliki gejala apapun.

Namun walaupun begitu, osteoporosis adalah salah satu penyakit yang berbahaya.  Dan jika kalian memiliki informasi lain terkait penyebab utama dari berkurangnya kepadatan tulang, mari kita berbagi pada kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tahapan Dalam Perkembangan Pada Tulang Osifikasi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme